Kamis, 10 Desember 2009

OBJEK WISATA & TEMPAT – TEMPAT MENARIK DI KOTA MAKASSAR

1.PANTAI LOSARI








2. BENTENG ROTTERDAM

yang juga dikenal nama benteng ujung pandang adalah peninggalan sejarah kejayaan dan keperkasaan kerajaan Gowa pada abad ke 17. Benteng ini dibangun pada tahun 1545 oleh raja Gowa ke IX. Beliau dikenal dengan nama I Margau Daeng Bonto Karaeng Lakiung, yang dikenal dengan nama Karaeng Turipalangga Ulaweng. Untuk menuju ke lokasi bisa ditempuh dengan berbagai jenis kendaran. Sekitar lokasi tersedia area parkir yang luas, hotel berbintang, restoran, kaffe, travel, took souvenir, pusat perbelanjaan, wartel bank objek wisata.


3. ISLAMIC CENTER

Al-Markas Al-Islami didirikan pada tanggal 8 mei 1984 atas prakarsa Jendral M Yusuf sebagai pusat pengembangan agama islam. Tempat ini didesain sedemikian rupa sehingga dapat mencerminkan pengintergrasian nilai-nilai islam diwarnai dengankebudayaan local dan modern. Terletak di Jalan Mesjid Raya, sekitar 2 km dari pusat kota Makassar, dengan luas sekitar 10 hektar. Ditempat ini terdapat fasiliatas ruang shallat, sekolah, perpustakaan, ruang serba guna, wartel dan tempat parkir.



3.MONUMEN MANDALA

Monumen ini dibangun untuk memperingati dan menjadikan pedoman nilai-nilai kepahlawanan bangsa Indonesia dalam usaha membebaskan Irian Barat dari tangan colonial pada tahun 1963. Terletak di tengah kota Makassar tepatnya di Jalan Jendral Sudirman. Monument ini dilengkapi dengan gedung serba guna, panggung pertunjukan sebagai pusat hiburan kebudayaan Indonesia bagian timur, tempat parkir juga di sekitarnya terdapat hotel berbintang dan fasilitas penunjang wisata lainnya.



4. KUBURAN TUA RAJA-RAJA TALLO


Makam ini dibangun sejak abad ke 18 dengan konstruksi bangunan yang mirip sebuah candi. Pada bagian dinding makam dihiasi beberapa ayat-ayat Al-Quran dengan tulisan kaligrafi yang indah. Terletak di Jl. Sultan Abdullah kecamatan tallo, sekitar 7 km arah utara pusat kota Makassar.



5. MAKAM PANGERAN DIPONEGORO

Pangeran diPonegoro adalah putra sulung dari sultan Hamengku Buwono III Yogyakarta, yang lahir pada tanggal 1 nopember 1785. Beliau aktif berjuang melawan penjajah di pulau jawa tahun 1825-1830. Terletak di Jl. Ponegoro no.55 kelurah Melayu Kec.Wajo. dapat dijangkau dengan berbagai macam kendaraan, dekat dengan pusat perbelanjaan.




6. PELABUHAN PAOTERE

Pelabuhan paotere merupakan tempat persinggahan kapal layar masyarakat Sulawesi yang dating dari berbagai wilayah di Indonesia. Terdapat berbagai macam kapal layar dalam gaya dan bentuknya.




7. BENTENG SOMBA OPU

Benteng somba opu dibangun oleh Raja Gowa ke IX Daeng Matanre Tumparisi Kallona pada abad ke XVI(1550-1650) yang merupakan pusat kerajaan gowa dan salah satu kota Bandar terbesar di asia tenggara pada masanya. Terletak di sebelah selatan kota Makassar, sekitar 7 km dari pusat kota Makassar.





8. MAKAM SYECH YUSUF

Syech yusuf adalah seorang pejuang muslim yang terkenal khususnya disulawesi . beliau dikenal dikenal oleh masyarakat Sulawesi selatan sebagai Tuanta Salmaka, makamnya dikenal dengan nama kobbang, beliau dikenal sebagai ulama dan pejuang yang aktif menyiarkan ajaran agama islam dibeberapa Negara. Makam beliau hamper setiap hari dikunjungi masyarakat untuk berziarah. Terletak di jl.syech yusuf, perbatasan kota Makassar dan kabupaten gowa.



9. MUSEUM BALLA LOMPOA

Merupakan salah satu bentuk istana rekonstruksi kerajaan gowa, dalam susunan kayu dibangun tahun 1936 dan telah direstorasi pada tahun 1978-1980. Museum ini memiliki ruang utama yang berisi benda pusaka kerajaan gowa seperti : manuskrip, instrument music, pakaian adat, keris, pedang, mahkota emas dan berbagai koleksi alat-alat upacara adat kerajaan. Terletak di KH Hasyim dipusat kab.gowa. terdapat area parkir, rumah adat tamalete, cukup mudah dijangkau dan terdapat pusat perbelanjaan.



10.MESJID TUA KATANGKA

Dibangun pada tahun 1603 yaitu pada masa pemerintahan raja Gowa ke XIV Sultan Alauddin dan dipugar pada tahun 1978 juga merupakan mesjid tertua di kab.gowa dan prop.sulsel. di sekitar mesjid terdapat juga makam raja-raja yang sempat berkuasa. Terletak di jalan. Jl.syech yusuf desa katangka.




11. PERKEBUNAN BUAH MARKISA

Buah markisa yang dihasilkan diolah menjadi minuman segar yang bermutu tinggi dan mempunyai rasa khas yang berbeda dengan markisa dari daerah lain. Perkebunan markisa memiliki pemandangan yang indah serta udara yang sejuk,pengunjung dapat mencicipi buah markisa sebelum diolah. Terletak di desa Kanre Apia, sekitar 9 km dari kota Malino. Di lokasi ini juga terdapat tempat peristirahatan/villa.


12. HUTAN WISATA MALINO

Tempat istirahat dan reakreasi yang bersuhu cukup dingin sebab berada di ketinggian, selain sejuk udaranya tempat ini juga banyak menghasilkan buah dan sayur-sayuran yang tumbuh di sekitar lereng kota Malino, salah satu gunung yang menjadi objek wisata adalah gunung Bawakaraeng yang dianggap suci bagi sebagian orang. Terletak sekitar 75 km dari kota sungguminasa, tempat ini telah dilengkapi dengan sarana permainan dan tempat parkir yang memadai.

www.indotravelers.com

5 komentar:

lucas martin mengatakan...

http://www.hotelparcotorrechia.com
Hotel Parco Torre Chia Sardegna
Hotel Parco Torre Chia south coast of Sardinia,Cagliari Italy. Hotel Parco Torre Chia, Chia. No reservation costs. Great rates.

lucas martin mengatakan...

http://calculator.pro
Online Calculator
Calculator is an indispensable tool for a businessman, financier, family man and even a schoolboy. Quickly, clearly and securely online calculator allows you to perform all the standard mathematical operations such as division, subtraction, addition or multiplication, as well as operations with decimal fractions

lucas martin mengatakan...

https://plus.google.com/u/0/105383022140257784381/posts
Kim Bouck google +
Orlando Personal Injury Attorney, specializing in Medical Malpractice

lucas martin mengatakan...

http://www.mountainoakvapors.com
Premium 100% USA Made E-Liquid

lucas martin mengatakan...

https://www.facebook.com/TarotConsultaDeTarot
Facebook Tarot consulta de tarot
Facebook is a social utility that connects people with friends and others who work, study and live around them. People use Facebook to keep up with friends, upload an unlimited number of photos, post links and videos, and learn more about the people they meet.

Posting Komentar

 

Designed by Simply Fabulous Blogger Templates